HOME

Oktober 02, 2012

Solusi Manajemen Konstruksi

Solusi Manajemen Konstruksi







Solusi Terhadap Ketidaksesuain Rencana Waktu Pada Pekerjaan
Hal-hal yang akan berpengaruh positif terhadap rencana pekerjaan kita atau pemecah masalah dalam pekerjaan konstruksi secara umum adalah sebagai berikut: :




1.  Tingkat Kemudahan Dalam Mengambil Keputusan (accessibility of decision)

         
      Pada langkah ini, memang secara ideal kita harus selalu berada di samping pekerjaan yang sedang kita   kerjakan. Sehingga jika terjadi kesulitan ataupun memerlukan perundingan dalam menggambil keputusan akan cepat terjawab

2.      Up Date Informasi Secara Berkala (frequently information up date)


                 Selalu memperbaharui informasi mengenai pekerjaan adalah tindakan yang sangat efektif dalam usaha pemecahan masalah. Dan akan lebih baik lagi jika tindakan Anda tersebut secara tertulis yang akan membuat sebuah pekerjaan tidak menjadi ajang debat kusir yang tidak berkesudahan antara kita dengan mandor yang berada di lapangan pekerjaan.
Tindakan ini sebaiknya sesering mungkin kita lakukan, jadi informasi yang selalu dibutuhkan tentang pekerjaan akan berjalan baik. Dan kebuntuan informasi adalah penyebab umum gagalnya sebuah pekerjaan yang dilakukan secara team

3.      Obyektivitas Data (objectivity of data)

          Dalam melakukan beberapa arahan, kita harus memberikan data tentang spesifikasi bahan dan data lain yang dianggap perlu harus kita sampaikan secara obyektif.
Obyektifitas akan membuat pekerja akan mendapat sebuah limpahan tanggung jawab yang serasa harus dilaksanakan secara sempurna. Dan akibatnya adalah pekerjaan akan minimal terjadi kesalahpahaman antara kita dengan tenaga lapangan. Karena mereka mengetahui obyektifitas data yang kita berikan kepada mereka.

4.      Monitoring

          Sebagai langkah yang efektif, monitoring akan dapat membuat pekerjaan berlangsung dalam waktu yang terukur dengan seksama. Karena dengan memonitor pekerjaan secara visual hasil pekerjaan dan kita sampaikan dalam prosentase kemajuan pekerjaan, maka akan membuat pekerja tergugah untuk meningkatkan produktivitas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar