HOME

Oktober 28, 2013

Menghemat Biaya Renovasi Rumah

Ketika kita ingin melakukan renovasi rumah, sebaiknya kita harus menghitung dahulu biaya yang diperlukan karena bila tidak berhati-hati, maka budget yang semula dikeluarkan untuk renovasi rumah bisa membengkak. Maka berikut trik-trik hemat dalam ‘mendandani’ rumah kita dengan hemat dab tentu tanpa mengurangi segi estetika keindahan rumah.
Adapun beberapa trik untuk renovasi rumah secara hemat dan berkualitas adalah :
1.      Tentukan konsep tentang renovasi secara matang
Dalam tahap ini, pemilik rumah dapat menentukan ataupun memberikan kepada ‘ahli’ untuk bagian mana saja yang ingin diperbaiki serta bagaimana desainnya.
Konsep yang diberikan tidak selalu menggunakan bahan material baru yang dipakai, bila ingin menggunakan material yang lama, tentu kita akan berhati-hati membongkar agar tidak rusak. Sedangkan dalam menentukan desain, harus sesuai kan dengan konsep yang telah diinginkan, jika tidak sesuai maka akan mengeluarkan biaya kembali untuk membongkar. Jadi tentukan konsep desain dan renovasi secara matang dan terperinci.
2.      Tentukan kualitas Bahan Bangunan dan Kualitas Material
Jika dana renovasi terbatas, tidak ada salahnya menggunakan barang-barang berkualitas sedang. Apalagi jika kita memilih bahan dengan cermat, maka kita akan dapat menemukan bahan yang berkualitas namun dengan harga yang tidak mahal serta berkualitas mutu baik
3.      Menghilangkan satu/beberapa bagian dari item pekerjaan dalam merenovasi rumah
Maksudnya adalah kita tidak melakukan satu bagian pekerjaan,sehingga waktu yang digunakan lebih cepat dan dapat menghemat biaya. Misalkan dinding yang langsung dicat dengan cat mutu baik tanpa diplamir/dicat dasar.
4.      Pemilihan cara pembayaran dan Memilih waktu yang tepat dalam merenovasi rumah
Cara pembayaran biasanya terbagi 2 yaitu borongan dan harian. Bila konsep renovasi rumah sudah jelas apa yhang harus direnovasi, maka sistem pembayaran dengan sistem borongan. Namun jika bila konsep renovasi belum jelas atau sedikit renovasi maka dapat melakukan pembayaran secara harian.
Renovasi jangan dilakukan pada waktu musim penghujan, karena dimusim ini segala sesuatu pekerjaan renovasi terkendala dengan cuaca hujan yang akan menyulitkan tukang/pekerja  dalam melakukan renovasi rumah. Selain itu jika bagian renovasi  yang berada diluar rumah maka menjadi lebih sulit kering bahkan bisa menjadi rusak.

Sumber : Riaupos edisi properti 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar